Langsung ke konten utama

Perjuangan Skripsi 2020)

                                 KADO TERINDAH DI TAHUN CANTIK 2020


Aku sebut tahunnya cantik karena angkanya bagus. Tahun ini emang out of the box hadirnya corona bisa menghambat segala aspek termasuk skripsi. Perdramaan skripsi gw gak cuman karena corona, msh jauh dari itu.

Agustus 2019, habis pulang PU gw ditawarin proyek penelitian dosen. Awalnya ragu tapi setelah gw pikir2 lumayan juga toh gw penelitian duluan dan bisa belajar banyak melalui proyek. Skripsi gw bakalan berkualitas kalo gw bantu proyek dosen. Dimulai akhir bulan agustus gw ngelab terus karna udah ditagih datanya ama dosen.

November 2019, pembagian kombing saat itu juga gw ngasih draft skripsi gw. Alhasil, eng ing eng gw disuruh ganti judul dan ngedraft ulang karena datanya ga boleh sama dengan proyek. Parahnya lagi gw harus penelitian ulang. Temen-temen gw seperjuangan pasti tau banget gimana banyaknya yg harus gw kerjain di lab. Sampe 3 minggu gw nginep di lab dan cuman tidur 2 jam padahal yg ngerjain itu bertiga. 

Gw langsung kuliah bahkan ujian keesokan harinya juga tanpa mandi karena emng posisi di lab semaleman. Dan gw malah disuruh ngedraft ulang dan harus penelitian ulang. Gw lari dari masalah dengan pulkam 1 minggu bareng partner penelitian gw yg sekampung. Gara2 kemakan omongan orang yg bilang "kalo gw jadi kalian, gw kabur gw ngilang". Marah? Kecewa? Sedih? Gausah ditanyaaa sesakit itu loh rasanya. Setelah ngedraft ulang desember 2019 gw pindah lab untuk tetep bantu proyek dosen dan lokasinya di fakultas yg berbeda. 

Sambil ngelab ngerjain analisis betaglukan 70 sampel yang Allahuakbar itu analisisnya lama banget dengan alat terbatas terus harus gantian sama peneliti lain. Bisa dicek di (Kusmiati, et al. 2007) metodenya gimana. Gw tapi harus tetep ngedraft dong meskipun capek seharian di lab dari pagi sampe sore. Jadilah, gw di acc akhir desember 2019 buat Seminar Usul.

Bukannya langsung seminar usul eh gw malaj dipancein. Gw nangis terus ga ngerti lagi gakuat rasanya disusahin, sampe ketauan sama temen gw. Gw dipancein sebulan karena jadwal yg gak nemu dari 3 dosen itu. Sampe baru kerealisasi 31 Januari 2020.

Setelah sempro gw msh ngerjain betaglukan dan kelar di awal februari 2020. Kelar betaglukan itu gw langsung gas ngelab penelitian gw. Maret 2020, corona hadir di Indonesia. Posisi penelitian gw tinggal analisis kimia, akhirnya gw bayar analis aja untuk ngerjain itu. But, you know ada analisis kimia yg baru keluar hasilnya awal mei 2020. Gw posisi udah di rumah dan cuman bisa menunggu hasil.

Mei 2020, gw mulai kasih draft hasil dan di acc di bulan Juni. Langsung gw gas ke Bandar Lampung buat semhas. Pas mau ngatur jadwal dosen pembahas gw tetiba mau minta tambah data. Gw auto nangis lagi, ga keitung brp kali gw nangis pokoknya itu dan itu pasti di kosan karena gw lebih suka nangis sendirian. 

Setelah ngelab lagi, dosen gw juga masih blm puas juga nyuruh ngerjain penelitian beliau. Sampe temen2 dan laboran mikro tmpt gw ngelab bosen liat gw di lab terus. 17 Juli 2020, finally tercapai gw semhas juga guysss🎉. Langsung gw gercepin buat kompre dan Alhamdulillah waktu itu ga ada halangan lain cuman diundur jam aja di 4 Agustus 2020.

Ketika diawal gw merasa susah mungkin itu ujian buat gw. Setelah dpt drama perskripsian gw dpt banget pelajaran hidup tentang sabar dan ikhlas. Alhamdulillah, saat pendaftaran wisuda gw yg sangat mepet itu bisa kekejer. Karena awalnya gw hopeless banget dapet periode september tapi Allah menunjukkan kebesaran-Nya. Pendaftaran diperpanjang 3 hari dannn gw bisa wisuda. 

Allah juga kasih gw bonus plus2 dimana gw dapet predikat pujian, wisudawan terbaik 3 fakultas pertanian. Dannn ini sih yang lebih berkesan, gw bisa wisuda di GSG Unila dan duduk di kursi wisudawan terbaik. Sementara, orang lain harus wisuda daring melalui laptopnya.

Allah kasih petunjuk melalui temen deket gw dia mimpi kalo gw wisuda duluan di GSG dan dia nangis gw mikir padahal kan wisuda online. Ternyata bener gw wisuda di GSG dan dia beneran nangis berkali-kali pas gw wisudaaa puk puk puk luvvv.

Pesan gw melalui tulisan
ini jangan gampang nyerah dan termakan sama omongan orang lain yang buat kamu down. Dekatlah pada Allah minta pertolongan kepada-Nya, jangan lupa selalu minta doa orangtua, dan dengarkan nasihat2 dari kawan seperjuangan.  

Good Luck guyss!!!! I know you can. Bisa jadi masalahmu sekarang malah jadi berkah di kehidupanmu nantinya. Jadikan tulisan ini sebagai referensi biar kamu tetap semangat dan pantang menyerah. Jalanku jalanmu jalan kita masih panjang. Semangat!!!!


Iya inilah wajah-wajah Wisudawan Terbaik Fakultas Pertanian Periode September 2020. Jalan masih panjang, menjadi wisudawan terbaik justru jadi tanggung jawab besar karena yang terbaik harus memberikan kontribusi yang terbaik untuk negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Analitik : Pengenceran Larutan

  PENGENCERAN LARUTAN   (Laporan Praktikum Kimia Analitik)       Oleh Cindy Sannia Wulandari 1614051011 Kelompok 2       JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2017 I.PENDAHULUAN     1.1    Latar Belakang Larutan adalah campuran yang bersifat homogen antara molekul, atom ataupun ion dari dua zat atau lebih. Disebut campuran karena susunannya atau komposisinya dapat berubah. Disebut homogen karena susunanya begitu seragam sehingga tidak dapat diamati adanya bagian-bagian yang berlainan, bahkan dengan mikroskop optis sekalipun. Pembuatan larutan adalah suatu cara mempelajari cara pembuatan larutan dari bahan cair atau padat dengan konsentrasi tertentu. Untuk menyatakan kepekaaan atau konsentrasi suatu larutan dapat di lakukan berbagai cara tergantung pada tujuan penggunaannya. Adapun satuan yang digunakan untuk menentukan kepekaan larutan adalah molaritas. Molaritas, persen berat, persen volume, atau sebagainya (Brady,2000). Jika suatu larutan senyawa ki

Laporan Praktikum Kimia Analitik : Pengenalan Keakuratan Alat-Alat Gelas Laboratorium (Glassware) Sebagai Pengukur Volume Larutan Dan Teknik Penggunaan Labu Ukur Dan Buret

  PENGENALAN KEAKURATAN ALAT-ALAT GELAS LABORATORIUM (GLASSWARE) SEBAGAI PENGUKUR VOLUME LARUTAN DAN TEKNIK PENGGUNAAN LABU UKUR DAN BURET (Laporan Praktikum Kimia Analitik)   Oleh Cindy Sannia Wulandari 1614051011 Kelompok 2     LABORATORIUM PENGUJIAN MUTU HASIL PERTANIAN JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2017 I. PENDAHULUAN       A.    Latar Belakang Bila kita memecahkan suatu masalah dalam ilmu pengetahuan, kita juga akan melaksanakan langkah-langkah yang hampir sama seperti ini. Oleh sebab itu langkah pertama dalam metode ilmu dapat disebut penelitian dan observasi. Hal ini merupakan tujuan eksperimen yang dibuat di laboratorium dimana sifat-sifat dapat diteliti dalam keadaan terkontrol, jadi hasil eksperimen itu dapat diulangi atau diiru kembali (Braddy, 1999).   Praktikum di laboratorium merupakan sarana yang efektif untuk melatih dan mengembangkan aspek kognitif dan psikomotorik praktikan serta jiwa kerjasa

Makalah Gandum dan Sorgum

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Indonesia adalah Negara agraris. Berbagai macam tanaman bisa tumbuh subur di tanah Indonesia . Seperti  serealia dan kacang- kacangan. Serealia merupakan makanan pokok bangsa Indonesia. Setiap daerah mempunyai bahan makanan pokok masing- masing, sehingga banyak bermunculan tanaman serealia di tanah Indonesia (kadarisman,1994). Serealia adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati. Pembudidayaan semua serealia adalah sama. Semua adalah tanaman semusim; yang berarti satu kali tanam, satu kali panen dan tumbuh baik di daerah beriklim sedang. Biji-bijian serealia terbagi menjadi 2 kelas tergantung apakah sekamnya tetap tinggal pada biji sewaktu ditumbuk. Gandum, rye dan jagung cenderung kehilangan sekamnya selama penumbukan dan merupakan kariopsis telanjang, sedangkan padi, oat, dan barley merupakan k