Langsung ke konten utama

Pengalaman Mendaftar Field Education Consultant Ruangguru

Halo...

Udah lama gak nulis di blog nih hehe. Kesempatan kali ini aku mau nulis pengalaman aku apply FEC Ruangguru. Banyak temen-temen aku yang nanyain tips dan trik terus rangkaian tesnya apa aja. Nah sekalian aja nih jadinya aku buat tulisan siapa tau reader yang mampir ke tulisan ini juga butuh banget sama informasi ini😁.

Buat yang mungkin belum tau Ruangguru tuh apa, aku jelasin sedikit ya. Jadi Ruangguru itu Startup Pendidikan No. 1 di Indonesia. Pasti kalian sering liat di TV terutama awal semester Ruangguru bakalan ngadain TV Blocking. Isi chanel TV kalian bakalan banyak banget acara yang berisi testimoni pengguna Ruangguru yang berhasil.

Aku salah satu pengguna produk Ruangguru juga yaitu Skill Academy dan salah satu fans Kak Belva dan Kak Iman juga nih selaku petingginya Ruangguru 😆. Makanya pas ada lowongan kerja FEC Ruangguru dan pas banget tuh aku emang jobseeker jadi aku apply deh. Aku lupa applynya di bulan April/Mei 2021 saat itu. Nah pas aku cek email tepat tanggal 22 Mei 2021 aku lolos seleksi berkas guys dan dijadwalkan interview HR 23 Mei 2021 di hari minggu. Interviewnya via Google Meet dan dilakukan secara panel/berkelompok.

Pas aku interview HR ada sekitar 6 orang dan 1 interviewer. Kami ditanya secara bergantian dengan pertanyaan yang sama. Untuk siapa yang berhak duluan menjawab itu ditunjuk sama si interviewer. Pertanyaannya umum sih misalnya :

1. Perkenalkan diri kamu

2. Pernah gak sih kamu mengerjakan sesuatu    hal yang berorientasi pada target?

3. Sekarang lagi sibuk apa bekerja/belum bekerja? 

4. Jika jawab belum bekerja apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang?

5. Jika nanti diterima oleh 2 perusahaan sekaligus lebih pilih ambil yang mana?

6. Apa pertimbangan kamu untuk bekerja di Ruangguru dibanding perusahaan lain?

7. Roleplay jadi FEC (disini product knowledge kamu diuji)

Aku yakin bisa lolos interview HR karena jawabanku menurutku memuaskan sih hehe. Lanjut deg-degan nunggu pengumuman akhirnya tanggal 2 Juni 2021 diumumin deh kalo aku lolos interview HR dan bakalan lanjut Final Exam di tanggal 5-7 Juni 2021 (6-7 Juni itu training buat yang lolos FE). Jadi aku gabung ke grup WA gitu terus ada tim People Operation yang siap ngejawabin pertanyaan para calon FEC. Karna aku pilih Cluster Prabumulih jadi FE diadakan di Kota Palembang. Ruangguru juga baik banget loh 😍 buat yang dari luar kota bakalan disediain akomodasi spesial.

Berangkat dari Palembang ke Prabumulih aku bisa reimburse untuk biaya transportasi PP, dapet penginapan reddoorz gratis, dapet makan siang selama FE, dan biaya ojek online dari penginapan ke hotel juga dibayarin loh enak banget kann🥰. Itulah plusnya nih perusahaan sama calon karyawannya aja udah baik apalagi sama karyawannya nanti wkwk. Lanjut ke Final Exam jadi disitu kami ada tes tertulis, FGD, dan interview user. Sebelum masuk ruangan hotel kami di swab antigen dulu dan menjalankan prokes yang ketat. 

Agenda pertama seingetku sih ya pengenalan tentang Ruangguru, produknya apa aja, dsb. Terus abis itu tes tertulis deh via G form soal-soalnya tentang produk Ruangguru. Kan sebagai calon Field Sales harus menguasain banget nih produk perusahaan🤐. Nah kalo gak salah kemaren di FE ada sekitar 30an orang deh. Jadi dibagi 3 kelompok buat FGD dimana dikasih case gitu problem di lapangan dan kami harus ungkapkan pendapat masing-masing. Ada 1 orang notulen dan 1 orang lagi yang bakalan maju kedepan presentasi hasil diskusinya.

Setelah itu makan siang yang lauk pauknya enak kok makanan hotel banget lah😅. Udah kenyang abis makan, lanjut kami interview user sama Coach dan AM dari Regional Sumbagsel 1. Provinsi Sumsel dan Babel masuk ke Regional tersebut guys. Pertanyaannya pas di aku sih ya :

1. Bersedia gak bekerja di weekend karna kan kita oriented to target?

2. Kamu bersedia kalo mau home visit demi won deal?

3. Bersedia gak bekerja di luar kota pindah-pindah terus?

Itu sih seingetku, aku lupa apalagi karena pesertanya banyak jadi gak lama kok interviewnya. Sambil nunggu giliran trainer Ruangguru kasih materi dan motivasi gitu enaknya kerja di RG. Nah udah selesai semua interview saatnya pulang deh. Bakalan diumumin via chat WA buat yang lolos nantinya. Dannn diumumin sekitar jam 9/10 malam dong Alhamdulillah aku ditanyakan lolos jadi bagian RG Squad🤩. Terus sedih sih temen-temen yang di penginapan karna gak lolos mereka harus pulang duluan🥲. Saat itu yang terpilih ada 10 untuk FEC Prabumulih dan 9 untuk FEC Muara Enim. Bener-bener seru sih satu angkatannya banyak wkwk. Kami lanjut training 2 hari supaya jadi FEC hebat dan manusia kuat haha.

Sekian dulu dari aku yaa semoga yang aku tulis bisa bermanfaat buat temen-temen yang mau daftar FEC Ruangguru. Benefitnya bakalan dikasihtau setelah interview HR buat yang kepo😋. Menurut aku, ini worth it banget buat kamu para Fresh Graduate yang belum ada pengalaman kerja. Walaupun kerja di Field Sales aku selalu bangga tulis ini di CV karena aku ngerasa gak cuman benefit di aku tapi aku bisa bermanfaat untuk orang banyak dan berkontribusi untuk Pendidikan Indonesia🇲🇨

#SalamManusiaKuat🔥






































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktikum Kimia Analitik : Pengenceran Larutan

  PENGENCERAN LARUTAN   (Laporan Praktikum Kimia Analitik)       Oleh Cindy Sannia Wulandari 1614051011 Kelompok 2       JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2017 I.PENDAHULUAN     1.1    Latar Belakang Larutan adalah campuran yang bersifat homogen antara molekul, atom ataupun ion dari dua zat atau lebih. Disebut campuran karena susunannya atau komposisinya dapat berubah. Disebut homogen karena susunanya begitu seragam sehingga tidak dapat diamati adanya bagian-bagian yang berlainan, bahkan dengan mikroskop optis sekalipun. Pembuatan larutan adalah suatu cara mempelajari cara pembuatan larutan dari bahan cair atau padat dengan konsentrasi tertentu. Untuk menyatakan kepekaaan atau konsentrasi suatu larutan dapat di lakukan berbagai cara tergantung pada tujuan penggunaannya. Adapun satuan yang digunakan untuk menentukan kepekaan larutan adalah molaritas. Molaritas, persen berat, persen volume, atau sebagainya (Brady,2000). Jika suatu larutan senyawa ki

Laporan Praktikum Kimia Analitik : Pengenalan Keakuratan Alat-Alat Gelas Laboratorium (Glassware) Sebagai Pengukur Volume Larutan Dan Teknik Penggunaan Labu Ukur Dan Buret

  PENGENALAN KEAKURATAN ALAT-ALAT GELAS LABORATORIUM (GLASSWARE) SEBAGAI PENGUKUR VOLUME LARUTAN DAN TEKNIK PENGGUNAAN LABU UKUR DAN BURET (Laporan Praktikum Kimia Analitik)   Oleh Cindy Sannia Wulandari 1614051011 Kelompok 2     LABORATORIUM PENGUJIAN MUTU HASIL PERTANIAN JURUSAN TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2017 I. PENDAHULUAN       A.    Latar Belakang Bila kita memecahkan suatu masalah dalam ilmu pengetahuan, kita juga akan melaksanakan langkah-langkah yang hampir sama seperti ini. Oleh sebab itu langkah pertama dalam metode ilmu dapat disebut penelitian dan observasi. Hal ini merupakan tujuan eksperimen yang dibuat di laboratorium dimana sifat-sifat dapat diteliti dalam keadaan terkontrol, jadi hasil eksperimen itu dapat diulangi atau diiru kembali (Braddy, 1999).   Praktikum di laboratorium merupakan sarana yang efektif untuk melatih dan mengembangkan aspek kognitif dan psikomotorik praktikan serta jiwa kerjasa

Makalah Gandum dan Sorgum

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Indonesia adalah Negara agraris. Berbagai macam tanaman bisa tumbuh subur di tanah Indonesia . Seperti  serealia dan kacang- kacangan. Serealia merupakan makanan pokok bangsa Indonesia. Setiap daerah mempunyai bahan makanan pokok masing- masing, sehingga banyak bermunculan tanaman serealia di tanah Indonesia (kadarisman,1994). Serealia adalah jenis tumbuhan golongan tanaman padi-padian/rumput-rumputan (Gramineae) yang dibudidayakan untuk menghasilkan bulir-bulir berisi biji-bijian sebagai sumber karbohidrat/pati. Pembudidayaan semua serealia adalah sama. Semua adalah tanaman semusim; yang berarti satu kali tanam, satu kali panen dan tumbuh baik di daerah beriklim sedang. Biji-bijian serealia terbagi menjadi 2 kelas tergantung apakah sekamnya tetap tinggal pada biji sewaktu ditumbuk. Gandum, rye dan jagung cenderung kehilangan sekamnya selama penumbukan dan merupakan kariopsis telanjang, sedangkan padi, oat, dan barley merupakan k